Otomotif

Daihatsu Gelar Pelatihan Teknologi untuk 100 Guru SMK di Jawa Tengah

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar pelatihan teknologi otomotif secara virtual untuk 100 guru SMK di Jawa Tengah pada 18 November 2021. Pelatihan ini diberikan kepada guru dari sekolah yang terdaftar sebagai sekolah binaan Daihatsu.

Dalam pelatihan kali ini, guru SMK di area Jawa Tengah mendapatkan pendalaman materi seputar teknologi otomotif, mulai dari pengenalan fungsi, mekanisme kerja komponen, hingga metode pemecahan masalah atau troubleshooting.

“Pelatihan ini merupakan wujud kontribusi Daihatsu dalam meningkatkan Link and Match antara program vokasi dengan dunia industri. Semoga para guru SMK dapat meneruskan sharing ini kepada para siswa di sekolahnya agar dapat mempersiapkan diri lebih baik ketika terjun ke dunia industri,” kata Section Head of Service Training Department PT ADM Aji Prima Barus Nurcahya, dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Selasa, 30 November 2021.

Secara garis besar, tema pelatihan kali ini adalah seputar teknologi mesin dan performa pada Daihatsu Rocky. Ada dua tipe mesin yang menjadi materi pelatihan kali ini, yakni mesin 1KR-VET 1.0 yang merupakan pengembangan dari mesin 1KR-VE dengan penambahan turbocharged dan beberapa perubahan pada cylinder head, cylinder block, spacer water jacket, hingga piston tumble flow.

Kemudian mesin kedua adalah mesin WA-VE 1.2 yang merupakan mesin Daihatsu pertama di Indonesia yang menggunakan 3 silinder berkapasitas 1.200cc. Mesin ini juga memiliki beberapa mekanisme baru seperti longer stroke, mesin compact, selenoid pada sistem control VVT-i, permukaan piston tumble flow, dobel injector, water jacket di exhaust, dan dobel thermostat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.