Tekno

Gerhana Bulan Sebagian Besok Terbit Langsung Gerhana, Catat Jamnya

Gerhana Bulan Sebagian pada Jumat besok, 19 November 2021 tergolong istimewa. Lamanya proses gerhana dari awal sampai selesai akan berlangsung sekitar 6 jam. Di seluruh wilayah Indonesia, bulan purnama yang terbit pada petang hari akan langsung dalam kondisi gerhana.

Gerhana Bulan Sebagian itu secara global bisa diamati dari wilayah Amerika, Eropa utara, Asia timur, Pasifik, Australia, dan Selandia Baru, termasuk Indonesia. Secara keseluruhan, gerhana itu akan berlangsung selama 6 jam 1 menit dan 29 detik.

Namun di wilayah Indonesia, proses Gerhana Bulan Sebagian itu tidak bisa diamati secara penuh dari awal sampai akhir. “Bulan purnama yang juga terbit di timur sudah dalam kondisi gerhana, dan pengamat bisa menikmati sisa proses gerhana,” kata Avivah Yamani, penggiat astronomi di komunitas Langit Selatan Bandung, Kamis 18 November 2021.

Semakin ke timur Indonesia maka semakin besar permukaan bulan yang mengalami gerhana. Di wilayah Papua, Papua Barat, dan beberapa pulau di Maluku tenggara, bulan terbit menjelang waktu gerhana maksimum. Karena itu pengamat di sana bisa menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian dari masa puncaknya hingga selesai.

Dari laman Langit Selatan, pengamat di sebagian besar wilayah Maluku, Maluku Utara, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kalimantan, Bali, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan sebagian wilayah Jawa Barat, bisa menyaksikan proses akhir gerhana sampai saat bulan benar-benar meninggalkan penumbra.

Pengamat di area Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sebagian Jawa Barat, hanya bisa mengamati gerhana sedikit. Mereka bisa menyaksikan gerhana penumbra saat bulan mengakhiri seluruh proses gerhana.

Sebagian besar wilayah Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan seluruh Pulau Sumatera termasuk Kepulauan Riau hanya bisa menyaksikan bagian akhir gerhana saat bulan sudah di penumbra.

Berikut keterangan waktu dan fase Gerhana Bulan Sebagian itu nanti di wilayah Indonesia, menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

1. Mulai Gerhana pukul 13.00 WIB, atau 14.00 WITA, dan 15.00 WIT

2. Mulai Gerhana Bulan Sebagian pukul 14.18 WIB, atau 15.18 WITA, dan 16.18 WIT

3. Puncak Gerhana Bulan Sebagian pukul 16.02 WIB, atau 17.02 WITA, dan 18.02 WIT

4. Gerhana Bulan Sebagian Berakhir pukul 17.47 WIB, atau 18.47 WITA, dan 19.47 WIT

5. Gerhana berakhir pukul 19.05 WIB, atau 20.05 WITA, dan 21.05 WIT

CATATAN.Artikel ini telah diubah pada Jumat 19 November 2021, Pukul 13.00 WIB, untuk memperbaiki kekeliruan keterangan hari di alinea pertama. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.