Bisnis

Terkini Bisnis: Pergantian Dirut PLN hingga Super Air Jet kembali ke Landasan

TEMPO.CO, Jakarta -Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang Senin siang hingga sore, 6 Desember 2021 dimulai dengan dicopotnya Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dan digantikan Darmawan Prasodjo. Zulkifli berterima kasih atas amanahnya sebagai Dirut PLN dengan aset Rp 1.600 triliun.

Kemudian informasi mengenai Asian Development Bank atau ADB telah memesan 19,4 juta saham senilai Rp 59,9 miliar (US$ 4,2 juta), sebagai bagian dari penawaran saham perdana (IPO) Cimory di Bursa Efek Indonesia.

Selain itu berita tentang pesawat Super Air Jet tujuan Jakarta-Bali kembali ke landasan Bandara Soekarno-Hatta setelah beberapa menit lepas landas, Minggu 5 Desember 2021.

Berikut adalah ringkasan dari ketiga berita tersebut:

1. Dicopot Erick Thohir dari Dirut PLN, Zulkifli Zaini: Terima Kasih atas Amanahnya

Zulkifli Zaini berterima kasih atas dukungan selama menjabat sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) sejak Desember 2019. RUPS PLN 2021 memutuskan mengganti Zulkifli dengan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN baru.

“Terima kasih atas amanahnya kepada saya menjadi Dirut PLN, BUMN dengan aset 1.600 triliun rupiah,” ujar Zulkifli dalam keterangan tertulis, Senin, 6 Desember 2021.

Surat keputusan penggantian Zulkifli disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Pusat PLN dan berlaku sejak 6 Desember 2021.

Zulkifli juga berterima kasih atas dukungan menteri dan wakil menteri BUMN, dewan komisaris, dan pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan dalam menerangi Indonesia.

Erick Thohir mengatakan Zulkifli Zaini, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak Desember 2019, telah memimpin perusahaan dengan hati dan keikhlasan.

Baca berita selengkapnya di sini.

123 Selanjutnya

2. Mengapa Asian Development Bank Borong Saham IPO Cimory Rp 59,9 Miliar?

PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. (CMRY) atau Cimory kedatangan investor kakap, yakni Asian Development Bank (ADB). ADB telah memesan 19,4 juta saham senilai Rp 59,9 miliar (US$ 4,2 juta), sebagai bagian dari penawaran saham perdana (IPO) Cimory di Bursa Efek Indonesia.

ADB terus mendukung upaya perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produk susunya, memperluas akses ke makanan bergizi, serta mendukung penghidupan para pelaku usaha di sepanjang rantai nilai susu, termasuk peternak kecil.

Cimory, yang sahamnya mulai diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia pada Senin, 6 Desember 2021, berhasil menggalang Rp 3,67 triliun ($255 juta) melalui penawaran saham atau IPO yang mewakili 15 persen dari modal disetor perusahaan.

“Susu adalah industri penting di Indonesia, karena sebagian besar susu berasal dari ribuan peternakan kecil; Selain itu, ketergantungan pada impor cukup besar mengingat produksi di dalam negeri belum dapat memenuhi permintaan produk susu domestik,” kata Carine Sophie Donges, Spesialis Investasi di Operasi Sektor Swasta ADB, dalam keterangan resmi, Senin.

Melalui investasi ini, ADB dan Cimory dapat bekerja sama untuk meningkatkan penghidupan peternak dan kesejahteraan perdesaan, mendorong inklusi gender, serta berkontribusi bagi ketahanan pangan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 123 Selanjutnya

3. Super Air Jet Tujuan Jakarta-Bali Kembali ke Soekarno-Hatta setelah Lepas Landas

Pesawat Super Air Jet tujuan Jakarta-Bali kembali ke landasan Bandara Soekarno-Hatta setelah beberapa menit lepas landas, Minggu 5 Desember 2021.

“Untuk info RTB (return to base) betul terjadi,” ujar Corporate Communication Super Air Jet Carolina Lestari Sirait saat dihubungi Tempo, Senin 6 Desember 2021.

Carolina mengatakan penerbangan pesawat bernomor IU 754 itu kembali ke landasan awal karena cuaca buruk. “Alasan bad weather,” ujarnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.